Pages

Wednesday, December 19, 2012

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan
Rangka Atap Baja Ringan
Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan
IDEKONTEN - Pemakaian rangka atap baja ringan (light steel frame) kini semakin meluas seiring dengan mahalnya harga kayu sebagai material bangunan. Rangka atap yang sudah diproduksi secara massal di Indonesia ini dibuat dari bahan dasar baja yang dicampuran zinc dan aluminium (zinc-alum)

Baja memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga material baja harus digabung material lain untuk menutup kekurangan masing-masing material saat digunakan dalam proyek konstruksi khususnya sebagai pengganti beton dan kayu.


Baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,4 mm hingga 3,0 mm sehingga saat digunakan untuk keperluan struktural harus dibuat dari baja bermutu tinggi yang tahan menerima beban struktur. Meskipun berbentuk tipis, rangka atap baja ringan mempunyai derajat kekuatan tarik tinggi sekitar 550 MPa, sementara baja biasa sekitar 300 MPa.


Kenapa harus dipakai rangka atap baja ringan? Berikut ini kelebihan dan kekurangan rangka atap baja ringan saat dipakai dalam konstruksi property.

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan
  • Mempunyai bobot ringan jika dibandingkan material kayu sehingga beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya akan lebih  rendah. Hal ini menjadi lebih hemat struktur
  • Waktu perakitan dalam penyelesaian suatu gedung lebih cepat, efisien dan praktis dibandingkan rangka kayu atau beton.
  • Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).
  • Anti rayap sehingga tidak memerlukan biaya perawatan dan penggantian menyeluruh untuk jangka waktu tertentu.
  • Rangka Atap Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut sehingga tidak mengalami perubahan bentuk karena panas dan dingin.
Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan
  • Rangka atap baja ringan dibuat secara pabrikasi sehingga tidak bisa diekspos seperti rangka kayu. Selain itu sistem rangka yang berbentuk jaring akan menjadi kurang menarik saat dipakai tanpa penutup plafon.
  • Pemakaian bahan ini harus dihitung secara cermat karena ketika ada salah perhitungan dalam satu bagian struktur maka akan menyeret bagian lainnya. Jika ada kesalahan syarat keamanan, maka bisa terjadi kegagalan secara menyeluruh.
  • Rangka atap baja ringan tidak fleksibel seperti material kayu yang dapat dipotong dan dibentuk dalam berbagai profil.
  • Perbedaan bentuk profil dan cetakannya akan berpengaruh pada Mutu dan Kualitas dari struktur atap baja ringan.

1 comment:

  1. oww itu toh kekurangan dan kelebihan dari rangka atap yang menggunakan besi yah mantabs

    ReplyDelete