Pages

Tuesday, December 18, 2012

Redenominasi Mata Uang Rupiah

Redenominasi Mata Uang Rupiah
IDEKONTEN - Ide pemerintah untuk melakukan redenominasi atau penyederhanaan angka mata uang rupiah dari Rp 1.000 menjadi Rp 1 tampaknya akan terus berjalan. Pemerintah yakin bahwa keputusan ini akan membawa dampak baik bagi laju ekonomi Indonesia. Proses redenominasi dianggap bisa membawa rupiah lebih mendapat perhatian di dunia Internasional.

Rencana redenominasi dengan menghilangkan 3 nol rupiah secara psikologis bertujuan untuk efisiensi transaksi keuangan. Saat ini, keputusan ini masih menjadi bahan perdebatan di kalangan pelaku ekonomi soal pentingnya redenominasi rupiah.


Hal terpenting dalam proses redenominasi adalah penyampaian dan sosialisasi ke masyarakat sampai ke pelosok daerah seluruh Indonesia.

Menurut rencana, pembahasan RUU Redenominasi Mata Uang tersebut akan dilakukan per Mei 2013 mendatang. Pemerintah sedang menunggu persetujuan DPR untuk membahas RUU Redenominasi mata uang Rupiah.

Redenominasi berbeda dengan sanering yang merupakan pemotongan nilai uang untuk mengurangi daya beli masyarakakat seperti yang pernah dilakukan pemerintah sekitar tahun 1996-1997, dimana dampaknya banyak orang kaya mendadak miskin.

Sosialisasi perbedaan ini akan membutuhkan waktu lama seperti Turki yang perlu waktu 3 tahun dalam masa transisi, agar masyarakat bisa yakin dan percaya.

2 comments:

  1. Saya pernah kena dampak masalah ini.
    tahun 1966an, uang Rp.1.000 menjadi Rp.1...
    Nonton film yang semula Rp.300, menjadi Rp.3 weleh2..langsung ngacir pulang
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. dampak turunannya harus cepat diantisipasi agar tidak merugikan kepentingan umum
      salam pakde

      Delete